• Posted by : Azzam Senin, 23 Juni 2014

    Selamat siang..
    Yah.. sedikit prihatin dengan perlakuan anak muda sekarang, mulai tidak mengetahui permainan tradisional yang membentuk solidaritas. ini disebabkan era globalisasi yang cepat SANGAT CEPAT !!. Banyak anak kecil yang admin temui lebih suka bermain permainan modern yang menurut admin tidak berguna. Permainan Tradisional adalah warisan leluhur kita.. kalau dilupakan maka permainan itu hilang. nah di post kali ini admin akan memberikan sedikit permainan tradisional.

    1. GOBAK SODOR
    Permainan ini melatih kerja sama. membutuhkan 3 atau lebih anak sebagai tim bertahan dan sebagai penyerang.
    Cara Bermain : membuat garis sebagai jalur pemain bertahan (vertikal dan horizontal) lalu ada 1 pemain khusus sebagai sodor (yaitu orang yang berada di tengah garis *vertikal). nah penyerang akan masuk dan berusaha agar tidak tersentuh pemain bertahan. pemain bertahan menghadang, mengurung pemain penyerang.
    Aturannya mudah : jika ada penyerang yang disentuh pemain bertahan maka pergantian tim, jika ada 3 orang yang terkurung dalam satu tempat maka pergantian tim. jika penyerang menginjak garis di luar maka pergantian tim. pemain penyerang tidak boleh kembali lagi ketika di tengah tengah.
    Penilaian jika salah satu pemain penyerang masuk melewati pemain bertahan dan kembali lagi ke awal nilainya 1.

    2. KELERENG.
    Permainan ini melatih ketelitian. membutuhkan 2 orang anak atau lebih.
    Cara Bermain : Mudah saja. pemain A harus mengenai kelereng pemain lain dengan cara dilempar, disentil dan pemain tidak berubah tempat dari kelereng awal.

    3. ULAR NAGA PANJANG.
    Permainan ini melatih kerja sama. membutuhkan banyak orang anak. permainan ini sangat seru.
    Cara Bermain : ada 2 anak yang membentuk gua dengan tangan.lalu dilewati oleh anak sisanya dan saat lagu habis anak terakhir yang masuk gua harus berhenti dan memilih di pihak mana. Setelah habis. anak itu berbaris dibelakang anak yang dipilih. lalu kedua anak saling merebut anak lawan.

    4. BENTENGAN
    Permainan ini melatih kerja sama. membutuhkan 4 orang atau lebih.
    Cara Bermain : pertama tama dibagi menjadi 2 tim lalu tim memilih tempat (benteng) ya.. tidak terlalu dekat dengan benteng musuh. setelah itu pemain harus memegang bentengnya sendiri lalu menyentuh lawan (jika lawan memegang benteng nya setelah kita maka kita ditawan, begitu pula sebaliknya). dan pemain yang ditawan bisa diselamatkan oleh temannya sendiri.
    Penilaian : Jika Pemain Menyentuh Benteng Lawan tanpa Menyentuh Pemain Lawan, akan terjadi pergantian benteng dan dinilai 1.

    Ya segitu dulu besok admin sambung lagi..


    0 komentar

    Peraturan Ber-Komentar
    1. Dilarang Sara, Porn, SPAM, Bicara Kotor.
    2. Komentar Harus RELEVAN
    3. Komen "Nice gan, Terima kasih gan, Nice Post, Dan SEJENISNYA ." Dianggap SPAM
    4. Dilarang Menaruh Link Hidup atau Mati

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Azzam48Blog Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan